Manfaat Daun Kersen

*MANFAAT DAUN KERSEN*

Beberapa kandungan dalam daun kersen merupakan senyawa yang sangat penting bagi tubuh. Kandungan dalam daun kersen antara lain adalah air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, riboflavin, dan niacin.
Daun kersen juga memiliki kandungan lain seperti flavonoid, saponin, tanin, juga steroid.

1. Mengontrol kadar kolesterol
2. Mengobati diabetes
3. Antikanker
4. Antibakteri
5. Anti peradangan
6. Mencegah tekanan darah tinggi
7. Meningkatkan daya tahan tubuh

*CARA MENGOLAH*

1. Direbus
Cara pertama untuk menggunakan daun kersen adalah direbus. Caranya adalah dengan merebus segenggam daun kersen dengan dua gejas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Anda bisa meminum 2 hingga 3 gelas air rebusan ini setiap harinya.

2. Diseduh
Cara kedua adalah dengan menyeduh daun kersen yang sudah dikeringkan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tersedia daun kersen kering yang beredar di pasaran. Sama seperti rebusan daun kersen, teh daun kersen juga sebaiknya dikonsumsi sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari.

3. Dibuat jus
Semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun kersen, maka efek pengobatannya semakin tinggi. Anda juga bisa membuat jus daun kersen untuk mendapatkan manfaatnya. Jus daun kersen dipercaya memiliki kandungan senyawa-senyawa penting yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan direbus atau dikeringkan.

Sebaiknya jangan gunakan obat ini dalam jangka waktu yang panjang, karena belum diketahui efek samping yang mungkin muncul dari penggunaan daun ini.

Selain itu, belum ditemukan studi lebih lanjut tentang penggunaan daun ini sebagai obat pada anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penggunaannya tidak disarankan.

_Semoga bermanfaat_

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Kesehatan Berjalan Kaki

Jenis2 KOPI

Pentingnya ADAB